Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza - OMBRO

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza

Sebagai mobil keluarga, Toyota Avanza memang menjadi pilihan banyak orang. Hal ini dibuktikan dengan jumlah penjualan unit Toyota Avanza yang terbilang tinggi dari bulan per bulan.

Ini artinya , Toyota Avanza menjadi mobil yang paling laris sehingga banyak yang menjulukinya sebagai "mobil sejuta umat". Apa yang menyebabkan mobil ini menjadi mobil paling laris selama ini ?

kelebihan dan kekurangan toyota avanza

Jawabannya cukup mudah, "kelebihannya menutupi semua kekurangan yang ada", otomatis hal ini menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan pengguna terhadap mobil ini cukup tinggi. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan Toyota Avanza ini ?

Artikel berikut akan menjabarkan kelebihan-kelebihan dan kekurangan yang ada pada Toyota Avanza. Simak informasinya dibawa berikut.


Kelebihan Toyota Avanza


1. Konsumsi Bahan Bakar Tergolong Irit

Salah satu hal yang cukup menjadi pertimbangan untuk memilih Toyota Avanza sebagai mobil keluarga adalah konsumsi bahan bakarnya yang irit.

Meskipun irit, bukan berarti mesin mobil ini tidak bertenaga ya. Berbekal mesin dengan dua pilihan kubikasi, 1.3L dan 1.5L berteknologi Dual VVT-i, Toyota Avanza mampu memberikan kemampuan terbaiknya soal konsumsi bahan bakar.

Ya, Toyota Avanza sangat dikenal karena penggunaan bahan bakar yang tergolong irit selama pemakaian.

Dari berbagai sumber yang kami rangkum, konsumsi bahan bakar Toyota Avanza untuk dalam kota bisa masuk diangka 13 Km per satu liter bensin, sedangkan untuk penggunaan jarak jauh ke luar kota, konsumsi bahan bakarnya bisa tembus diangka 15-16 Km per satu liter bensin (tentunya dengan berbagai catatan selama penggunaan agar konsumsi bahan bakar bisa irit).

2. Kabin Luas Cocok Untuk Keluarga Besar

Kelebihan Toyota Avanza berikutnya yang cukup menarik adalah kabin yang luas dan cocok untuk keluarga besar. Setidaknya 4 penumpang dewasa dengan 2 orang anak serta 1 Pengemudi masih mampu dilayani dengan nyaman oleh Toyota Avanza ini.

Belum lagi ditunjang oleh fleksibilitas pengaturan bangku baris ketiga yang cukup memuat banyak barang bawaan sehingga sangat cocok untuk sebuah keluarga besar yang hendak berpergian jauh ataupun dekat.

3. Harga Jual Lebih Stabil

Kelebihan Toyota Avanza berikutnya adalah harga jual kembali yang cenderung cukup stabil dipasaran. Ya, ketika anda berniat menjual kembali toyota Avanza bekas anda, harga yang bisa ditawarkan pun terbilang tidak terlalu jatuh drastis dan masih dalam kategori "cukup".

Tingkat kepercayaan pengguna yang cukup tinggi terhadap Mobil Toyota Avanza serta di dukung oleh brand terkenal yang mendedikasikan organisasinya pada kepuasan pelanggan, cukup mempengaruhi nilai jual Toyota Avanza bekas. Hal ini sangat mempengaruhi nilai jual mobil avanza bekas yang cenderung lebih stabil di pasaran.

4. Layanan Service Mudah Dicari Dan Murah

Kelebihan lainnya dari Toyota Avanza adalah Layanan Service yang mudah dicari dengan harga service yang terbilang cukup terjangkau dan murah. Bahkan kini sudah tersedia Aplikasi Smartphone yang bisa membantu kapanpun anda membutuhkan bantuan dan perbaikan di tempat.

Ya, hal ini bisa dilihat dari dukungan dealer resmi (ATPM) dan bengkel non resmi yang jumlahnya juga sangat banyak dan tersedia hampir diseluruh wilayah Indonesia tentu menjadi salah satu pilihan yang tidak bisa disepelekan dan menjadi kelebihan dari Toyota Avanza.

5. Spare Part Mudah Dicari Dan Murah

Kelebihan Toyota Avanza selanjutnya adalah ketersediaan Sparepart yang cukup banyak dan mudah dicari dimanapu diseluruh wilayah Indonesia. Selain itu harga yang ditawarkan pun relatif murah dan masih masuk dalam jangkauan.

Selain harga sparepart yang murah, sparepart yang digunakan pada mobil ini juga cukup tahan lama. Ini artinya, anda bisa menekan seminimal mungkin biaya perawatan berkala saat memilih mobil ini.

6. Biaya Pajak Murah

Hal terakhir yang menjadi kelebihan mobil Toyota Avanza ini adalah biaya pajak yang cukup murah. Ya, biaya yang harus dikeluarkan untuk pajak mobil ini masuk dalam kategori murah dibandingkan dengan beberapa rival sekelasnya.

Setidaknya sekitar 1-2 juta biaya pajak yang harus dikeluarkan untuk mobil ini. Ini artinya biaya pajak yang murah bisa menjadi kelebihan Toyota Avanza.


Kekurangan Toyota Avanza


1. Kurang Stabil Saat Melaju Di Kecepatan tinggi

Kekurangan Toyota Avanza yang cukup banyak dikeluhkan oleh para penggunanya adalah mobil kurang stabil saat melaju di kecepatan tinggi. Ya, mobil ini akan terasa limbung saat melibas kelokan ataupun ketika melaju cepat pada jalan bergelombang.

Apalagi jika kondisi suspensi mobil ini sudah lama tidak dilakukan perawatan atau penggantian pada komponen yang diperlukan, maka gejala limbung yang dirasa juga akan semakin besar.

2. Kursi Baris Ketiga Terasa Sempit

Kekurangan Toyota Avanza berikutnya adalah ruang pada kursi baris ketiga terasa sempit. Hal ini cukup beralasan karena kursi baris ketiga sejatinya disediakan untuk menampung 2 anak dengan usia dibawah 16 tahun saja.

Jika dipaksakan untuk menampung dua orang dewasa, maka kondisi ruang untuk duduk yang bisa didapaykan menjadi lebih sempit.

3. Kabin Kurang Senyap

Meskipun sudah mengusung teknologi Cabin Quietness pada versi terbarunya, suara bising yang dihasilkan di luar mobil masih cukup terasa bising dan dapat terdengar kedalam kabin.

4. Suara Mesin Cukup Berisik

Kabin yang kurang senyap ditambah suara mesin yang cukup berisik terlebih ketika AC menyala menjadi kekurangan Toyota Avanza yang juga cukup mencolok.

Pada beberapa kondisi, deru suara mesin bisa terdengar jelas masuk kedalam kabin. Hal ini dapat mengurangi kenyamanan setiap orang di dalamnya selama berkendara.

5. Material Bodi Tergolong Cukup Tipis

hal terkair yang idangap menjadi kekurangan dari Toyota Avanza ini adalah material bodi yang terasa cukup tipis. Hal ini bisa nampak pada bodi bagian fender dan sisi pintu yang mengelembung.

jika kita bersandar pada kedua sisi tersebut dengan posisi sedikit menekan, maka akan terlihat bodi mobil sedikit masuk tertekan meskipun bisa kembali lagi seperti semula. Namun jika tekanannya terlalu besar, maka bodi pun bisa penyok.

Material bodi yang tipis menjadi kekurangan Toyota Avanza yang terakhir pada artikel ini , semoga bisa bermanfaat.
Daftar isi
    SHARE