Fungsi Relay klakson - OMBRO

Fungsi Relay klakson

Relay yang digunakan dalam sistem klakson dikenal dengan nama relay klakson. Relay klakson ini bisa anda temukan pada bagian relay dan fuse box kendaraan. Ada yang dipasang didekat ruang mesin mobil, ada pula yang dipasang dibagian dalam kendaraan, tepatnya dibawah dashboard pengemudi.

Warna dan model relay klakson ini beragam, ada yang berwarna biru, hitam, dan ada juga yang berwarna abu-abu. Model dan warna relay klakson sangat tergantung pada merek mobil yang digunakan. Selain itu, bahasa umum yang digunakan untuk klakson pada kendaraan adalah HORN.

Jadi, ketika anda mencari relay klakson, maka anda bisa mencari posisi relay dengan nama yang bertuliskan Horn, perhatikan pada contoh gambar posisi relay klakson dibawah ini

fungsi relay klakson

Seperti halnya pada setiap rangkaian listrik di kendaraan, rangkaian klakson juga membutuhkan relay di dalam rangkaiannya. Pemasangan relay memiliki tujuan agar aliran arus listrik yang mengalir dari aki ke klakson bisa tetap stabil dan baik, sehingga klakson bisa mengeluarkan bunyi yang kuat dan stabil. Berikut adalah 2 fungsi relay klakson yang paling utama .


1. Memperpanjang umur saklar klakson


Fungsi relay klakson yang pertama adalah untuk memperpanjang umur saklar klakson. Ya , untuk membunyikan klakson kita harus menekan saklar klakson. Saklar klakson tidak membutuhkan arus yang besar saat pengoperasiannya, sedangkan klakson sendiri membutuhkan arus listrik yang cukup besar.

Jika arus listrik yang besar terus menerus mengalir melalui saklar klakson maka cepat atau lambat saklar akan mengalami rusak akibat panas dan terbakar. Nah, untuk memisahkan penggunaan arus listrik yang besar (untuk klakson) dan arus kecil (untuk saklar) maka digunakanlah relay. Baca juga : Fungsi Relay mobil

Dengan adanya relay maka arus listrik yang dibutuhkan klakson akan dipisahkan sehingga arus listrik yang besar tidak merusak saklar akibat panas berlebih.


2. Menstabilkan arus listrik yang mengalir ke klakson


Fungsi relay klakson yang berikutnya adalah untuk menstabilkan arus listrik yang mengalir ke klakson. Ya, klakson membutuhkan arus listrik yang cukup besar dan stabil agar klakson bisa berbunyi nyaring dan tidak sember akibat kekurangan arus listrik.

Kondisi ini hanya bisa didapat jika kita menggunakan relay klakson. Dengan adanya relay klakson, sambungan yang menghubungkan antara aki dengan klakson di kontrol melalui saklar elektromagnet didalam relay tanpa terganggu oleh tekanan tangan. Dengan begitu, arus listrik yang mengalirpun juga menjadi lebih stabil dan tetap berarus besar.
Daftar isi
    SHARE