Gambar rangkaian klakson menggunakan relay dan cara kerjanya - OMBRO

Gambar rangkaian klakson menggunakan relay dan cara kerjanya

Klakson atau horn pada kendaraan merupakan salah satu komponen wajib yang harus dipasang pada kendaraan. Secara umum, fungsi klakson adalah sebagai alat komunikasi antar kendaraan dan menjadi salah satu fitur keselamatan yang berguna untuk meminimalkan potensi resiko berkendara.

Ya, klakson merupakan komponen yang dapat mengeluarkan bunyi dan suara saat komponen tersebut dialiri arus listrik. Biasanya, saklar klakson dipasang tepat dibagian tengah setir mobil.

Dalam penggunaannya dikendaraan, rangkaian klakson secara umum tersusun dari beberapa komponen dasar seperti klakson, relay, aki/ battery, saklar, sekring, dan wiring/ perkabelan yang disusun sedemikian rupa untuk membentuk sistem klakson.

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi seputar rangkaian klakson menggunakan relay berikut cara kerjanya. Simak informasi rangkaian klakson yang menggunakan relay dan cara kerjanya seperti dibawah berikut ini.



I. Gambar rangkaian klakson beserta komponennya


Perhatikan gambar rangkaian klakson yang menggunakan relay berikut dengan komponennya seperti dibawah berikut ini

rangkaian klakson menggunakan relay


II. Komponen rangkaian klakson dan fungsinya


  1. Aki / battery = Sebagai sumber arus listrik
  2. Sekring relay = Pengaman jalur listrik dari aki ke relay klakson
  3. Sekring saklar klakson (ada di kotak sekring) = Pengaman listrik dari aki ke saklar klakson yang ada di setir mobil
  4. Relay klakson = Relay yang bekerja secara elektromagnet sesuai dengan on off dari saklar klakson
  5. Saklar klakson = Saklar yang menjadi trigger untuk mengaktifkan relay klakson
  6. Klakson high = Klakson yang akan mengeluarkan bunyi bernada tinggi
  7. Klakson low = Klakson ang akan mengeluarkan bunyi bernada renda
  8. Ground /massa = Tempat tujuan aliran listrik mengalir.


Baca juga :



III. Cara kerja rangkaian klakson menggunakan relay


1. Aki/ battery sebagai sumber listrik akan mengalirkan arus listrik menuju relay klakson melalui dua jalur yaitu :

  • Jalur pertama (warna hijau), aliran listrik akan mengalir dari aki menuju ke terminal 30 relay melalui sekring relay. Arus listrik akan standby di terminal 30 relay.
  • Jalur kedua (warna merah), aliran listrik akan mengalir dari aki menuju ke saklar klakson melalui sekring saklar klakson (ada di kotak sekring) sampai ke terminal 85. Saat ini kumparan tidak menghasilkan magnet karena listrik yang ada hanya standby dan tidak mengalir. Perhatikan aliran listrik pada gambar dibawah berikut

1 cara kerja rangkaian klakson menggunakan relay

2. Ketika saklar klakson di "ON"-kan, maka akan terjadi aliran listrik dari aki menuju massa yang melalui kumparan terminal 85 dan 86 relay. Saat aliran listrik mengalir, kumparan dalam relay akan menghasilkan medan magnet dan menarik saklar relay klakson pada terminal 30 dan 87.

2 cara kerja rangkaian klakson menggunakan relay

3. Ketika saklar relay di terminal 30 dan 87 terhubung, maka aliran listrik dari aki akan langsung mengalir menuju ke klakson high dan low melalui saklar pada terminal 30 dan 87 relay. Akibatnya, kedua klakson akan mengeluarkan bunyi / suara.

3 cara kerja rangkaian klakson menggunakan relay

4.Saat saklar klakson di "OFF"-kan, maka aliran listrik dari aki menuju ke klakson akan berhenti sehingga klakson menjadi tidak bunyi.

Demikianlah artikel tentang gambar rangkaian klakson menggunakan relay dan cara kerjanya yang bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE