Cara mengetahui pompa bensin rusak - OMBRO

Cara mengetahui pompa bensin rusak

Pompa bensin atau sering kali disebut Fuel Pump merupakan salah satu komponen di dalam sistem bahan bakar yang berfungsi untuk memompa bahan bakar dari dalam tangki bahan bakar (Fuel Tank) menuju ke injektor/karburator.

Pompa bensin umumnya bekerja secara elektris dengan menggunakan motor di dalamnya. Pompa bensin biasanya ditempatkan langsung di dalam tangki atau pada sebagian model mobil ada juga yang diletakkan di luar tangki. Namun, untuk mobil yang menggunakan sistem electronic fuel injection , umumnya pompa bensin sudah diletakkan didalam tangki bahan bakar.

Cara mengetahui pompa bensin rusak

Sejatinya, komponen pompa bensin ini merupakan komponen mobil yang cukup awet dengan usia pakainya yang cukup lama, bahkan bisa jadi seumuran dengan usia mobil Anda.

Namun ada kalanya, muncul permasalahan-permasalahan mesin yang kerap berkaitan dengan kerusakan pompa bensin. Mulai dari mesin yang kurang bertenaga hingga mesin mogok akibat pompa bensin yang rusak.

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan menginformasikan bagaimana cara mengetahui pompa bensin rusak, simak informasinya dibawah berikut.


1. Getaran pompa bensin saat kunci kontak di ON


Cara pertama untuk mengetahui pompa bensin rusak adalah dengan merasakan getaran dan bunyi dengung dari pompa bensin. Caranya mudah, cukup putar kunci kontak mobil anda ke posisi "ON", lalu coba dengarkan dengan seksama pada posisi tempat Fuel tank berada.

Jika dari posisi tempat fuel tank berada terdengar dengungan dan terasa getaran, ini menandakan bahwa pompa bensin sedang bekerja (memompa). Putaran motor di dalam pompa bensin yang bekerja, kerap menimbulkan getaran dan dengungan yang terasa pada bodi fuel tank

Jika tidak terdengar dengungan dan terasa getaran pada bodi fuel tank, bisa jadi fuel pump tidak berputar dan tidak memompa bahan bakar ke injektor.

Apabila bunyi dengung dan getaran pada bodi fuel pump tidak ada/ tidak terdengar, anda bisa mencoba cara berikutnya yaitu dengan membuka selang Fuel supply.


2. Lihat aliran bensin melalui selang Fuel Supply


Selang Fuel Supply adalah selang yang terhubung langsung dengan pompa bensin. Untuk mengetahui pompa bensin rusak atau tidak, kita bisa membuka jalur suplai bahan bakar dan menghidupkan pompa bensin.

Untuk memastikan, sebaiknya buka selang supply (di pasang dengan baut no10 berjumlah 2 pcs) atau bisa juga dengan membuka selang Fuel Return seperti pada contoh gambar dibawah.

cara mengetahui pompa bensin rusak

Setelah itu, sebaiknya masukkan selang kedalam botol atau wadah plastik untuk mencegah tumpahnya bensin .

Putar kunci kontak ke posisi "ON", lalu perhatikan pada selang, apakah bensin keluar dari selang tersebut ? Jika bensin keluar, pompa bensin bisa dikategorikan baik, namun jika tidak ada bahan bakar yang keluar bisa jadi pompa bensin rusak atau ada masalah dengan fuse / relay pompa bensin.

Akhir kata, sebelum anda memutuskan untuk mengganti pompa bensin, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan secara seksama terhadap komponen-komponen terkait dengan fuel pump seperti
  • Fuel filter mampet atau tidak ?
  • Pipa bahan bakar tersumbat atau tidak ?
  • Kelistrikan fuel sistem bermasalah atau tidak?

Setelah kondisi-kondisi lainnya sudah dipastikan tidak maslah barulah keputusan untuk mengganti pompa bensin ini bisa dilakukan.

Demikain artikel tentang cara mengetahui pompa bensin rusak bisa disamapaikan, semoga bisa bermanfaat :)
Daftar isi
    SHARE