Cara memperbaiki ball joint mobil - OMBRO

Cara memperbaiki ball joint mobil

Bagaimana cara memperbaiki ball joint mobil ? Mungkin pertanyaan ini yang kini ada didalam pikiran Anda sehingga Anda bisa terdampar di artikel ini. Terkait dengan ball joint mobil, sebenarnya apa sih ball joint mobil ?

Secara singkat, ball joint mobil adalah salah satu komponen pada sistem kemudi yang berfungsi sebagai poros penghubung antara kemudi dengan roda. Baca selengkapnya tentang jenis-jenis ball joint mobil.

Sesuai namanya, ball joint berarti sambungan berbentuk seperti bola. Terbuat dari material besi dan baja berkualitas yang kuat dan tahan tumbukan.

Seiring usia pemakaian dan medan jalan yang beragam, ball joint juga akan mengalami kerusakan, mulai dari bunyi "gluduk-gluduk" saat melewati jalan berlubang hingga yang terparah ball joint lepas dari dudukannya.

cara memperbaiki ball joint mobil

Cara terbaik untuk memperbaiki ball joint adalah dengan menggantinya dengan ball join yang baru, namun terkadang , kondisi darurat seperti sulitnya mencari komponen ball joint yang sesuai karena jauh dari perkotaan kerap membuat kita untuk sementara "mengakali" kondisi tersebut. Berikut adalah cara memperbaiki ball joint mobil


1. Buka Ball Joint dari dudukannya.


Langkah pertama untuk memperbaiki ball joint mobil adalah dengan membuka ball joint dari dudukannya. Berikut caranya :
  • Lepas pin pengaman mur ball joint
  • Kendorkan dan buka mur pengikat ball joint
  • Gunakan Treker khusus untuk membuka ball joint, atau jika tidak punya pukul-pukul dudukan ball joint dengan palu hingga ball join terlepas.
cara memperbaiki ball joint


2. Pukul Sisi belakang ball joint hingga seret


Langkah berikutnya setelah ball joint berhasil dilepas adalah dengan membuat seret putaran ball joint dengan memukul sisi belakang ball joint hingga seret. Berikut langkahnya
  • Buka karet penutup ball joint
  • Ambil pipa yang seukuran dengan lebar ball joint lalu posisikan seperti berikut
  • Pukul pada bagian yang ditunjuk tanda panah dengan palu hingga putaran ball joint seret dan tidak longgar.
cara memperbaiki ball joint


3. Pasang kembali ball joint ke posisi semula


Setelah ball joint terasa seret , pasang kembali ball joint seperti langkah dibawah berikut.
  • Pasang karet penutup ball joint kembali seperti posisi semula
  • Lanjutkan dengan memasang pada dudukan ball joint kembali
  • Kencangkan mur pengikat dan pasang kembali pin pengamannya seperti semula


4. Lakukan Spooring


cara memperbaiki balljoint

Setelah ball joint kembali terpasang seperti sedia kala, jangan lupa untuk melakukan spooring untuk mencegah kerusakan ban yang lebih parah akibat tidak sesuainya sudut-sudut kemudi.

Informasi tambahan
  • Cara perbaikan seperti ini biasanya tidak bertahan lama, sebaiknya ganti ball joint dengan yang baru untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.
  • Ketika memukul ball joint, sebaiknya selalu perhatikan tingkat keseretan yang dihasilkan, jangan sampai memukul terlalu dalam yang berakibat akan membuat setir menjadi berat.
Daftar isi
    SHARE