Mengenal sudut toe saat wheel alignment [spooring] - OMBRO

Mengenal sudut toe saat wheel alignment [spooring]

Seperti sudah disinggung sebelumnya pada artikel tentang mengenal spooring dan balancing roda, spooring (wheel alignment) bertujuan untuk merawat dan menyetel kesesuaian sudut-sudut kemiringan roda sesuai dengan sudut kemiringan yang dianjurkan oleh pihak pabrik.

Tujuannya adalah agar didapat pengendalian mobil yang baik serta dapat menjaga ban dari keausan-keausan yang tidak normal. Ada empat sudut kemiringan roda yang dapat mempengaruhi pengendalian dan keawetan ban saat penggunaan yaitu Toe, Camber, Caster,dan King Pin.

Dalam perawatan dan penyetelan ya, tentu tiap-tiap sudut harus disesuaikan dengan ukuran masing-masing pabrikan mobil, karena jenis mobil yang satu tidak sama dengan jenis mobil lainnya.

Nah, salah satu sudut kemiringan roda yang ada dan masuk kedalam sudut penyetelan pada saat spooring yang akan kita bahas kali ini adalah sudut toe.


Apa sih sudut toe ?


Sudut Toe merupakan sudut yang di dapatkan dari selisih jarak yang diukur antara roda bagian depan dengan bagian belakangnya saat dilihat dari sisi atas kendaraan.

Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa setiap ban depan benar-benar dalam posisi yang sejajar satu dengan yang lainnya. Silahkan perhatikan pada gambar di bawah berikut.

sudut toe mobil


Seperti terlihat pada gambar diatas, jika jarak A lebih kecil daripada jarak B, maka disebut TOE-IN. Begitu pula sebaliknya, jika jarak A lebih besar daripada jarak B maka disebut dengan TOE-OUT.

Pada kendaraan, sudut toe yang digunakan adalah sudut TOE-IN, sudut TOE-IN ini bertujuan untuk melawan gaya yang diakibatkan oleh sudut camber positif (sudut roda jika dilihat dari depan dimana bagian atas ban lebih condong keluar dari pusat roda).

sudut toe-in dan camber positive

Camber positif ini bisa mengakibatkan kedua ban depan menggelinding kearah luar dan saling berlawanan saat mobil berjalan lurus. Oleh karena itu, diberikanlah sudut TOE-IN untuk mencegah terjadinya hal tersebut sehingga mobil bisa tetap berjalan lurus.


Kesalahan penyetelan sudut TOE-IN


Sudut Toe juga dipengaruhi oleh sudut-sudut penyetelan yang lain seperti contohnya ia juga dipengaruhi oleh sudut camber. Sudut Toe pada kendaraan dapat disetel pada bagian Long Tie rod seperti yang bisa anda perhatikan pada gambar dibawah.

posisi penyetelan toe

Namun begitu, jangan lakukan sendiri penyetelan pada komponen ini, lakukan hanya pada tempat dan orang-orang yang memang profesional dan kompeten. Kesalahan dalam melakukan penyetelan sudut toe, akan mengakibatkan ban depan menjadi cepat rusak.

Berikut beberapa gejala yang bisa di timbulkan akibat terjadi kesalahan penyetelan pada sudut TOE-IN
  1. Bagian luar tapak ban akan aus jika sudut toe in terlalu besar
  2. Bagian dalam tapak ban akan aus jika sudut toe in terlalu kecil
  3. Side slipping menjadi berlebihan
  4. Keausan permukaan tapak ban akan terlihat seperti bentuk mata pisau (blade)
Oleh karena itu, diperlukanlah alat-alat wheel alignment (spooring) yang dapat mengukur sudut-sudut toe, camber, caster, king pin sekaligus agar penyetelan dapat dilakukan dengan sempurna sehingga hasil penyetelan pun akan bagus.
Daftar isi
    SHARE