Fungsi dan fitur Child Lock pada pintu belakang mobil - OMBRO

Fungsi dan fitur Child Lock pada pintu belakang mobil

Terkadang kita baru menyadari dan menemukan bahwa pintu belakang mobil kita tidak bisa dibuka dari dalam mobil meskipun tuas pengunci pintu sudah kita geser dan berada di posisi free.

Namun, ketika kita buka dari door handle bagian luar mobil, pintu dapat terbuka secara normal.

Jika ini yang terjadi, bisa jadi fitur Child Lock pada pintu belakang mobil anda sedang aktif dan dalam posisi mengunci. Lantas, apakah yang dimaksud dengan fitur Child Lock ini?

Fitur Child Lock pada mobil merupakan salah satu fitur pengaman yang umum ada di setiap mobil yang diproduksi saat ini.

Diletakkan hanya pada kedua sisi pintu belakang saja, Child Lock berfungsi untuk me-nonaktifkan fungsi penguncian (lock) yang ada pada tuas pengunci utama (lock handle) pintu belakang.

Artinya, ketika fitur Child Lock ini di aktifkan, maka tuas pengunci utama pada pintu belakang tidak akan berfungsi, sehingga pintu belakang mobil tidak dapat dibuka dari dalam.

Fitur child lock pada pintu belakang mobil


Mengapa Fitur Ini disediakan oleh pihak pabrikan mobil ?


Salah satu alasan utama mengapa fitur Child Lock ini disediakan oleh pihak pabrikan mobil jaman sekarang adalah demi keamanan setiap pengguna mobil yang berkendara dengan membawa anak-anak berusia 2 -15 tahun.

Seperti diketahui bahwa anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Ketika berada di dalam mobil, ia akan bermain-main dengan segala benda yang ada di hadapannya, termasuk tuas pengunci pintu belakang mobil.

Hal ini tentu akan sangat membahayakan bagi si anak ketika ia bermain -main dengan tuas pengunci pintu belakang, terlebih ketika mobil sedang melaju cepat dijalan raya.

Oleh karena itu, pihak pabrikan mobil merancang sebuah keamanan pada pintu belakang yang bernama Child Lock dengan tujuan agar pintu belakang mobil tidak dapat terbuka jika ada anak-anak yang tidak sengaja memainkan tuas pengunci pintu tersebut.


Bagaimana cara mengaktifkan fitur Child Lock ?


Langkah-langkah berikut adalah cara untuk mengaktifkan fitur Child Lock
  1. Bukalah pintu belakang mobil anda
  2. Temukan tuas geser kecil berwarna putih/hitam (warna tergantung tipe mobil) dekat latch door (pengunci pintu) yang bertuliskan LOCK-UNLOCK disekitarnya.
  3. Geser tuas tersebut ke arah LOCK untuk mengaktifkan fitur Child Lock, lalu tutuplah kembali pintu belakang mobil anda.
  4. Lakukan hal yang sama pada pintu belakang lainnya.


Apa yang terjadi ketika Fitur Child Lock ini diaktifkan ?


Ketika fitur Child Lock ini diaktifkan, ada beberapa hal yang terjadi dan terkadang kita tidak menyadari bahwa fitur Child Lock ini sedang aktif.
  1. Tuas pengunci utama yang ada disisi dalam tidak akan berfungsi, ini artinya ketika pintu sudah ditutup, maka pintu tersebut tidak akan bisa dibuka dari dalam mobil dengan menggunakan tuas pengunci pintu utama. Namun, pintu masih dapat dibuka dari Handle pintu luar.
  2. Ketika semua pintu sudah Anda lock (kunci) baik melalui remote alarm ataupun dari lock main switch di pintu pengemudi, maka pintu belakang tidak akan bisa di buka dari luar atau dari dalam mobil.
Baca juga :


Bagaimana cara me-nonaktifkan fitur Child Lock ?


Untuk me-nonaktifkan fungsi Child Lock ini, maka anda hanya perlu menggeser kembali tuas geser child lock dari posisi LOCK kembali ke posisi UNLOCK. Lakukan dengan cara yang sama pada kedua pintu belakang mobil anda.
Daftar isi
    SHARE