Urutan cara buang angin rem mobil yang benar sesuai piping mobil - OMBRO

Urutan cara buang angin rem mobil yang benar sesuai piping mobil

Adanya angin (udara) yang terjebak di dalam saluran dan pipa-pipa minyak rem tentunya bisa membuat sistem rem gagal bekerja. Hal ini membuat mobil yang sedang dikendarai memiliki potensi yang besar akan terjadinya kecelakaan. Ditambah lagi, belakangan ini marak terjadi kasus kecelakaan mobil yang diakibatkan oleh masalah rem blong.

Dan salah satu penyebab rem blong dari sekian banyak penyebab yang ada, adalah munculnya udara yang terjebak diantara saluran dan pipa minyak rem. Oleh karena itu, salah satu antisipasi yang sebaiknya perlu dilakukan adalah dengan melakukan pengurasan dan penggantian minyak rem mobil secara teratur yang dilakukan setiap mobil sudah menempuh jarak 40.000 km.

Lantas bagaimana cara buang angin rem mobil ini ?

cara buang angin rem mobil

Untuk melakukan buang angin rem mobil memang diperlukan setidaknya 2 orang agar hasilnya bisa lebih terjamin. Untuk detail dan caranya sobat bisa membacanya pada artikel cara melakukan bleeding rem mobil yang optimal yang sudah pernah obro posting sebelumnya.

Di artikel tersebut akan dijelaskan langkah-demi langkah bagaimana cara buang angin rem mobil sampai angin di dalam pipa saluran minyak rem ini benar-benar tidak ada dan habis keluar.

Sedangkan untuk artikel kali ini ombro akan membahas bagaimana cara buang angin rem mobil sesuai dengan urutan dan model saluran pipa yang ada di mobil.

Seperti yang sudah pernah ombro sampaikan tentang Tipe jalur pipa minyak rem pada sistem rem , dikendaraan terdapat dua model sistem pipa minyak rem yaitu tipe menyilang (cross piping) dan tipe split ( front dan rear). Masing masing model pipa minyak rem di mobil ini turut menentukan urutan bleeding rem mobil (buang angin rem).

Untuk melakukan buang rem angin mobil, hal yang paling penting untuk diingat adalah selalu lakukan buang angin pada bagian roda yang terjauh dari Master silinder rem. Perhatikan urutan cara buang angin rem mobil pada kedua tipe jalur pipa minyak rem dibawah ini

1. Tipe cross piping (menyilang)


Tipe cross piping merupakan sistem pipa rem yang posisinya dibuat saling bersilangan, dimana rem roda kanan belakang akan terhubung dengan rem roda kiri depan, dan rem roda belakang kiri akan terhubung dengan rem roda depan kanan, begitu pula sebaliknya.

Tipe cross piping ini lebih banyak dan umum digunakan pada kendaraan jenis-jenis sedan dan low MPV. Perhatikan urutan cara buang angin rem mobil seperti pada gambar dibawah ini untuk pipa rem sistem menyilang

Urutan cara buang angin rem mobil model menyilang




2. Tipe Split Piping


Tipe split piping merupakan sistem pipa rem yang posisinya terbagi antara depan dan belakang, dimana roda kiri depan akan terhubung dengan roda kanan depan, sedangkan roda kiri belakang akanterhubung dengan roda kanan belakang.

Tipe split piping lebih banyak digunakan pada mobil-mobil jenis Pick Up yang menggunakan penggerak roda belakang. Perhatikan urutan cara buang angin rem mobil tipe split piping pada gambar dibawah ini.

Urutan cara buang angin rem mobil model split

Khusus untuk mobil yang menggunakan sistem pipa seperti ini terkadang kita kerap tidak menemukan baut nepel untuk buang angin rem mobil di salah stu sisi roda bagian belakang, seperti contoh pada gambar diatas yang umum di temukan adalah pada urutan no 2. Baut nepel pembuangan angin pada posisi no 2 ini sering tidak ada sehingga kita hanya perlu buang angin pada 3 sisi roda saja.

Demikianlah urutan cara buang angin rem mobil yang benar sesuai piping mobil yang bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE