6 Fungsi Kepala Silinder (Cylinder Head) - OMBRO

6 Fungsi Kepala Silinder (Cylinder Head)

Kepala silinder (Cylinder Head) menjadi komponen utama pembentuk mesin yang dipasangkan pada silinder blok mesin dan diikat dengan baut khusus. Kepala silinder umumnya terbuat dari bahan aluminum alloy yang sudah diperkuat dengan beberapa campuran bahan lainnya.

Kepala silinder harus kuat dan tahan terhadap temperatur serta tekanan tinggi selama mesin bekerja. Pasalnya, di dalam kepala silinder inilah terdapat ruang bakar mesin sebagai tempat terjadinya proses pembakaran yang menghasilkan tenaga mesin.

fungsi kepala silinder

Selain harus kuat terhadap tekanan dan temperatur tinggi, kepala silinder juga harus bisa memenuhi beberapa fungsi penting lainnya. Apa saja fungsi kepala silinder lainnya ? Berikut 6 fungsi kepala silinder yang Ombro ketahui



1. Sebagai tempat terjadinya pembakaran mesin


Fungsi kepala silinder (cylinder head) yang pertama adalah sebagai tempat terjadinya pembakaran mesin. Ya, hal ini dikarenakan di dalam kepala silinder terdapat ruang bakar yang berfungsi sebagai tempat untuk membakar dan meledakkan campuran udara dan bahan bakar sehingga mesin bisa menghasilkan tenaga.

Bentuk ruang bakar yang ada di kepala silinder ini sangat tergantung dari model dan jenis mesin yang digunakan, namun umumnya dikenal 3 bentuk ruang bakar yaitu model wedge (segitiga siku-siku), hemispheric (parabola) dan pentroof (segitiga sama kaki).

fungsi kepala silinder


2. Sebagai tempat kelengkapan mekanisme katup (Valve Train Mechanism)


Fungsi kepala silinder berikutnya adalah sebagai tempat kelengkapan mekanisme katup (Valve Train Mechanism). Mekanisme katup adalah mekanisme yang akan mengatur kapan katup-katup (valve intake dan exhaust) terbuka atau tertutup.

Tentunya, buka tutup katup disesuaikan dengan langkah kerja dari mesin 4 langkah itu sendiri yaitu langkah hisap (intake), kompresi (compression), pembakaran (combustion), dan langkah buang (exhaust).

Berikut beberapa komponen mekanisme katup yang umum ada pada kepala silinder

  • Camshaft : poros penghubung yang menggerakkan valve
  • Rocker shaft : poros dudukan rocker arm (pelatuk)
  • Rocker arm : pelatuk untuk menekan valve
  • Valve intake dan valve exhaust : katup untuk saluran intake dan exhaust
  • Valve spring : pegas pengembali untuk katup (valve)

Komponen mekanisme katup bisa berbeda-beda antara satu dengan lainnya, tergantung dari model kepala silinder yang digunakan. Misalnya, mekanisme katup untuk Double Over Head Cam (DOHC) akan berbeda dengan Over Head Cam (OHC), begitu pula dengan mekanisme katup model Over Head Valve (OHV).



3. Saluran Intake dan exhaust


Fungsi kepala silinder berikutnya adalah tempat untuk saluran intake dan exhaust. Saluran intake adalah saluran masuk untuk udara ke ruang bakar yang waktu masuknya diatur oleh valve intake.

Sedangkan saluran exhaust adalah saluran pembuangan asap hasil sisa pembakaran dari ruang bakar. Katup yang mengatur keluarnya sisa gas buang pada silinder kepala ini disebut exhaust valve.



4. Tempat pemasangan busi.


Fungsi kepala silinder lainnya adalah sebagai tempat pemasangan busi. Ya, busi (spark plug) berfungsi untuk memantik api di ruang bakar sehingga terjadi proses pembakaran dan menghasilkan tenaga mesin.

Di kepala silinder inilah busi dipasang, bagian pemantik api terpasang langsung di dalam ruang bakar, sedang sisi lainnya mengarah keluar kepala silinder.



5. Tempat air pendingin bersirkulasi melalui water jacket


Kepala silinder juga berfungsi sebagai tempat bersirkulasinya air pendingin melalui ruang water jacket (mantel air pendingin) yang ada di dalam kepala slinder.

Sirkulasi air pendingin ini terhubung dengan water jacket yang ada didalam silinder blok dan digunakan untuk menurunkan suhu panas yang terjadi akibat proses pembakaran di ruang bakar. Dengan begitu, maka temperatur kerja mesin bisa dikontrol dan tetap stabil pada suhu kerja normal.



6. Tempat oli pelumas bersirkulasi


Fungsi kepala silinder yang terakhir Ombro ketahui adalah sebagai tempat oli pelumas bersirkulasi. Di dalam kepala silinder juga terdapat saluran-saluran oli yang akan mengalirkan oli dari pompa oli untuk melumasi komponen-komponen mekanisme katup yang ada di dalam kepala silinder.

Saluran oli yang ada di dalam kepala silinder ini juga terhubung dengan oil main gallery (saluran oli) yang ada di silinder blok mesin. Dengan begitu, maka komponen mekanisme katup akan selalu terlumasi oli dan bisa bekerja dengan baik.

Daftar isi
    SHARE