Cara Setel Langsam Mobil Injeksi - OMBRO

Cara Setel Langsam Mobil Injeksi

Langsam / Idle adalah kondisi yang menunjukkan bahwa putaran rpm mesin dalam kondisi stasioner, yaitu berputar dalam kecepatan rendah yang konstan dan selalu sama. Dengan adanya rpm idling / langsam yang stabil, kita tidak perlu menekan pedal gas terus menerus untuk mempertahankan mesin agar tetap menyala dan berputar selama berkendara.

Umumnya, standar rpm mobil injeksi untuk kondisi idling berada pada kisaran 750 rpm hingga 850 rpm. Namun begitu, nilai standar rpm mobil injeksi tidaklah selalu sama untuk tiap-tiap merek dan model mobil. Oleh karena itu, sebelum menyetel rpm langsam mobil injeksi ini, kita perlu mengecek nilai standar pada buku manual service kendaraan sesuai dengan model mobil yang kita miliki.

Selain itu, seiring dengan semakin populernya mobil bersistem injeksi yang teknologinya banyak menggunakan sensor dan terintegrasi dengan komputer, pola pengaturan rpm idling nya pun juga mengalami perubahan. Bahkan, beberapa sistem injeksi yang ada diantaranya, sudah tidak lagi menggunakan pengaturan manual seperti yang biasa kita temukan pada mobil dengan karburator.

Salah satu contohnya adalah setting idle up AC. Ya, pada mobil injeksi keluaran terbaru, cara setting idle up AC secara manual sudah tidak diperlukan lagi, komputer mesin akan mengaturnya secara otomatis sehingga kita tidak akan menemukan baut penyetel idle up AC pada mobil injeksi masa kini.

cara setel langsam mobil injeksi

Meskipun sistemnya semakin canggih, mobil dengan mesin injeksi juga tidak lepas dari permasalahan rpm. Seperti contohnya, langsam mobil injeksi tidak stabil, rpm idling naik turun saat AC hidup, rpm idling terlalu tinggi, hingga mesin mati-mati saat mobil melaju pelan.

Salah satu cara darurat yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tadi adalah dengan menyetel rpm idling sedikit lebih tinggi dari normalnya. Tujuannya adalah untuk mencegah mesin mati ketika berada pada posisi idling.

Dengan begitu, kita bisa sampai ke bengkel terdekat untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap sistem injeksi mobil kita. Lantas bagaimana cara kita menyetel langsam mobil injeksi ? Nah, pada artikel berikut akan kami jelaskan bagaimana cara setel langsam mobil injeksi..

Cara Setel Rpm Langsam Mobil Injeksi


Untuk melakukan penyetelan langsam mobil injeksi, kita dapat melakukannya pada bagian Idle Speed Adjusting Screw yang terdapat di throttle body.

Komponen ini berupa screw yang dapat diputar ke kanan dan ke kiri. Idle speed adjusting screw merupakan baut yang berfungsi untuk mengatur bukaan lubang idle port untuk menentukan besarnya putaran (RPM) mesin saat kondisi idle. Berikut adalah cara menyetel rpm mobil injeksi :

Putar Idle Speed Adjusting screw ke arah kiri maka rpm idling mesin akan naik.

Saat Idle Speed Adjusting Screw (ISAS) diputar kerah kiri (arah mengendorkan), aliran udara yang mengalir melalui lubang Idle akan semakin banyak. Hal ini akan menyebabkan jumlah volume udara meningkat sehingga juga akan menaikkan rpm idling mesin. Cara ini digunakan untuk menaikkan rpm mobil injeksi.

Putar Idle Speed Adjusting Screw ke arah kanan maka rpm idling mesin akan turun.

Saat Idle Speed Adjusting Screw (ISAS) diputar kearah kanan, maka ISAS akan memperkecil aliran udara yang mengalir pada lubang idle sehinga volume udara menurun sekaligus menurunkan rpm idling mesin. Cara ini digunakan untuk menurunkan rpm mobil injeksi

cara setel langsam mobil injeksi

Atur rpm idling mesin secukupnya

Atur dan setel rpm idling mesin ke posisi normal terlebih dahulu sesuai dengan standar rpm mobil injeksi yaitu sekitar 750 rpm - 850 rpm. Kemudian, coba berikan beban mesin dengan menyalakan AC dan lampu headlamp.

Jika rpm mesin drop dan mati, putar screw ISAS ke kiri seperempat putaran lagi, lalu coba lagi. Lakukanlah penyetelan rpm mesin hingga mesin tidak mati ketika AC dan Headlamp menyala. Perhatikan juga nilai rpm mesin saat tanpa beban, jangan sampai terlalu tinggi yang bisa mengakibatkan boros bensin.

Baca juga :

Catatan :
Cara setel langsam mobil injeksi diatas adalah cara yang termudah dan tercepat karena cukup aman untuk dilakukan dalam kondisi darurat. Namun begitu, tidak semua mobil menyediakan tempat menyetel rpm langsam pada throttle bodynya (Idle Speed Adjusting Screw).

Jika throttle body pada mobil Anda tidak menyediakan ISAS, langkah terbaik adalah dengan mengunjungi bengkel kepercayaan Anda. Karena penyetelan rpm idle ini umumnya menggunakan scan tool agar tercapai Basic Idle Speed yang sesuai aturan pabrikan mobil.
Daftar isi
    SHARE