Tips Aman Membuka Tutup Radiator Saat Kondisi Mesin Panas - OMBRO

Tips Aman Membuka Tutup Radiator Saat Kondisi Mesin Panas

Dalam perjalanan, mesin overheat mungkin saja bisa terjadi pada mobil anda, terlebih jika perawatan pada sistem pendingin mobil tidak dilakukan dengan baik.

Ketika overheat, langkah umum yang sering dilakukan adalah dengan memeriksa kondisi radiator secara langsung. Kebanyakan orang, untuk memeriksa air radiator adalah dengan membuka langsung tutup radiator.

Padahal masih ada cara lainnya yang lebih aman, yaitu dengan memperhatikan ketinggian air radiator melalui tabung reservoir tank radiator. Pada tabung reservoir tank terdapat batas maksimal dan batas minimal air radiator yang bisa anda gunakan untuk memeriksa kondisi air radiator secara aman.

Namun, jika memang kondisi air di dalam tabung reservoir tank tersebut sudah kosong ini berarti bahwa air di dalam sistem pendinginan juga berkurang, sehingga mau tak mau anda merasa perlu untuk membuka tutup radiator.

Tips Aman membuka tutup radiator saat kondisi mesin panas

Sebelum anda benar-benar membuka tutup radiator ketika kondisi mesin panas sebaiknya perhatikan terlebih dahulu hal-hal dibawah berikut


Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membuka tutup radiator


1). Sebaiknya biarkan mesin dingin terlebih dahulu sebelum anda benar-benar membuka tutup radiator.
2). Siapkan kain Lap besar dan lebih tebal untuk menghindari semburan air.
3). Tekanan air dan uap panas di dalam radiator disaat mesin overheat bisa menyembur keluar dan melukai kita jika kita ceroboh dan tergesa-gesa saat membuka tutup radiator.
4). Kepala radiator (tempat tutup radiator dipasang) biasanya di desain dengan keamanan dua langkah, perhatikan ada gambar dibawah berikut.

desain pengaman pada tutup radiator
  • Posisi 1 adalah posisi tutup radiator menutup penuh dan tetap terkunci.
  • Posisi 2 adalah posisi tutup radiator membuka setengah namun tutup tetap terkunci
  • Posisi 3 adalah posisi tutup radiator bisa terbuka penuh dan dapat dilepas dari radiator
Jadi, ketika akan melepas tutup radiator maka perhatikan posisi-posisi tersebut. Baca lebih jauh tentang fungsi dan cara kerja tutup radiator

Nah, jika memang terpaksa anda harus membuka tutup radiator denagn segera, berikut adalah tips aman saat membuka tutup radiator saat kondisi mesin panas. Berikut langkah-langkahnya..

Cara Membuka Tutup Radiator Saat Mesin Panas


cara membuka tutup radiator saat panas
  1. Buka dan keluarkan selang yang menuju Reservoir Tank, lalu arahkan selang ke area yang cukup aman karena akan digunakan untuk membuang uap dan semburan air panas dari radiator.
  2. Gunakan Kain lap tebal serta lebar, lalu putar tutup radiator SEDIKIT ke arah kiri, yaitu tepat pada Posisi 2. Pada posisi 2 ini, uap dan air panas dapat mengalir ke reservoir tank melalui selang .
  3. Biarkan uap panas dan semburan air mengalir melalui selang reservoir tank, hingga uap dan semburan benar-benar sudah habis dan hilang.
  4. Setelah aman (takanan uap panas hilang) lanjutkan dengan memutar tutup radiator menuju Posisi 3 hingga benar-benar terbuka dan tutup radiator bisa terlepas.
Daftar isi
    SHARE