Cara Memaksimalkan Test Drive Mobil Baru - OMBRO

Cara Memaksimalkan Test Drive Mobil Baru

Banyak kemudahan yang biasanya diberikan oleh pihak penjual kendaraan roda empat saat kita ingin menentukan tipe dan jenis mobil. Salah satunya adalah fasilitas Test Drive.

Ya, fasilitas Test Drive biasanya disediakan oleh dealer penjual mobil bagi para calon konsumennya untuk mencoba dan merasakan fitur dan kenyamanan kendaraan secara langsung, terlebih untuk jenis-jenis kendaraan keluaran terbaru.

Seperti mencari pasangan, memilih calon tunggangan pun perlu teliti "luar dalam". Memanfaatkan fasilitas Test Drive untuk memastikan bahwa mobil yang anda akan beli adalah pilihan yang tepat.

Cara Memaksimalkan Test Drive Mobil Baru

Nah pada artikel berkut, kita akan membahas bagaimana cara memaksimalkan test drive mobil baru agar kita tidak salah menentukan pilihan. Simak informasinya dibawah berikut.


#1. Kenali Lebih Dekat Mobil Pilihan


Memang sulit dipungkiri kalau kita sudah masuk kedalam mobil test drive, rasanya kita ingin langsung mengendarai kendaraan tersebut. Nah, ada baiknya anda tahan dahulu perasaan tersebut, karena hal ini akan mengurangi kecermatan evaluasi yang anda lakukan dalam memilih mobil idaman.

Sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk "berkenalan" dengan kendaraan tersebut agar tahu luar dan dalam mobil dengan lebih sempurna. Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan

1. Mengelilingi mobil

Mulailah dengan mengamati mobil dari berbagai sisi dan sudut pandang. Cermati setiap garis badan mobil, lekukan-lekukan bodi, panel, cat bahkan pegangan pintunya.

Mulailah berkeliling dari posisi pintu supir kearah depan mobil, lalu lanjutkan ke sisi kiri mobil , kebelakang hingga kembali ke posisi dekat pintu supir.

Apakah anda cocok dan suka dengan tampang dari depan, samping dan belakang mobil tersebut? Bagaimana dengan kualitas catnya, apakah cukup memuaskan ?

2. Tes Kenyamanan

Satu atau dua kali masuk kedalam mobil belumlah cukup untuk memastikan sejauh mana kenyamanan mobil tersebut bisa anda rasakan. Cobalah beberapa kali masuk dan keluar mobil sekaligus membuka dan menutup pintu. Pertimbangkan kemudahannya.

Coba juga kenyamanan kursi saat anda duduk, bagaimana dengan penyetelan kursinya, apakah sulit dan kaku? Apakah kursi belakang nyaman untuk diduduki? Tak perlu malu saat mencobanya, tanyakan pada tenaga penjual jika memang anda belum mengetahui caranya.

3. Coba perangkat yang ada

Setelah kenyamanan tempat duduk dan segala caranya, cobalah juga beberapa perangkat yang ada di mobil tersebut.

Bayangkan anda dalam posisi menyetir. Apakah anda bisa mengunci pintu dan membuka kaca dengan mudah? Atau tanpa mengubah posisi sandaran jok, dapatkah tangan anda menjangkau tombol audio? Bagaimana dengan remnya, apakah terlalu keras ?

Pada prinsipnya, perangkat yang vital menurut anda, harus mudah dijangkau dan dioperasikan.

4. Kapasitas Bagasi

Nah, setelah semua terasa nyaman, pertimbangkan juga dengan kapasitas bagasi yang ditawarkan. Apakah muat untuk membawa banyak barang? Dapatkah anda menjangkaunya tanpa membuat kepala terantuk pintu bagasi ?

Pastikan kenyamanan tinggi, lebar, bentuk bagasi dan jumlah kapasitas yang ditawarkan secara keseluruhan.


#2. Uji Jalan


Cara Memaksimalkan Test Drive Mobil Baru

Setelah pengenalan mobil secara fisik sudah anda lakukan, kini saatnya untuk mencoba mengendarainya. Untuk mengetahui kemampuan mobil dengan maksimal, beberapa tips dibawah ini perlu anda perhatikan.

1. Tipe mobil yang sama.

Biasanya, sebuah merek menyediakan beberapa varian mobil dengan spesifikasi yang berbeda. Seperti contohnya, jenis mesin, tipe transmisi, tipe penggerak ataupun kelengkapan standar.

Mintalah dealer untuk memberikan tipe dan varian mobil persis seperti mobil yang akan anda pilih. Misalnya anda ingin membeli mobil yang bertransmisi automatic, maka cobalah mobil dengan varian itu. Jangan mencoba versi transmisi manualnya karena pasti akan berbeda rasanya.

2. Konsentrasi saat uji jalan

Umumnya, tenaga penjual akan terus berbicara soal keunggulan mobil selama anda mencobanya.

Oleh karena itu, sebaiknya anda meminta kepada tenaga penjual untuk menjelaskan seluruh kemampuan dan keunggulan mobil tersebut sebelum anda mengendarainya. Dan pastikan untuk tidak mengganggu konsentrasi anda selama berkendara.

Kemampuan mobil bisa dirasakan jika anda lebih berkonsentrasi saat mencoba dan mengendarainya. Jangan malu untuk bertanya saat berkendara apabila dibutuhkan.

3. Pilih Rute

Cobalah untuk bisa membawa mobil sesuai dengan rute pilihan anda. Jika anda akrab dengan rute jalannya, menyetir akan menjadi lebih santai dan anda dapat merasakan perbedaan dan kenyamanan yang ada di mobil tersebut.

Baca Juga :


#3. Hal-hal yang perlu diperhatikan selama mengemudi


Cara Memaksimalkan Test Drive Mobil Baru

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari hasil test drive yang sudah anda lakukan, berikut beberapa perhatian yang perlu anda ketahui selama mengemudi.

1. Kualitas pengendaraan

Ada baiknya jika anda mengendarai mobil di berbagai jenis jalanan seperti keramaian, menanjak, jalan tol, atau berkelok-kelok. Dengarkan dan rasakan perbedaan kondisi mesin mobil, halus atau kasar? Apakah terdengar hal-hal yang aneh pada mobil selama berkendara ?

2. Tenaga mobil

Teslah tenaga mobil pada situasi yang sering anda hadapi. Misalnya jalan raya, jalan kecil berbatu dan menanjak. Jangan lupa untuk menghidupkan AC agar ketahuan jika tenaga mesin mobil ternyata "berat".

3. Persneling / Tuas transmisi

Jika pilihan anda pada mobil manual, maka tuas persneling haruslah mudah untuk dioperasikan. Namun jika anda memilih matic, maka ketahui bagaimana perpindahan giginya? Terasa halus atau menyentak saat berpindah gigi?

4. Setir

Rasakan putaran setir di beragam belokan, lebar ataupun sempit. Cobalah untuk melakukan putaran penuh, dan rasakan bagaimana respon yang diberikan, apakah sudah sesuai dengan keinginan dan insting anda ?

5. Rem

Coba untuk melakukan pengereman yang sesuai dengan gaya anda mengemudi. Apakah sesuai dengan keinginan dan harapan? Uji rem dengan beragam kondisi, misalnya secara tiba-tiba (panic brake), atau rem secara perlahan. (baca juga: Inilah 4 penyebab rem mobil bunyi)

Untuk keamanan, perhatikan terlebih dahulu kondisi jalan disekitar anda untuk melakukannya, lakukan jika memang kondisi jalan memungkinkan.

6. Gangguan suara

Cobalah untuk menyetir dengan kaca terbuka atau tertutup baik untuk kecepatan sedang ataupun ngebut. Seberapa banyak bunyi sekitar yang terdengar dari dalam mobil? Apakah masih bisa ditoleransi? Suara mobil yang berisik akan semakin mengganggu di kemudian hari.

7. Parkir

Untuk mengetahui posisi blind spot (area yang tidak terlihat) pada mobil, cobalah untuk parkir mobil secara paralel. Apakah ada kesulitan untuk melihat setiap sudut mobil ?

Daftar isi
    SHARE