Simbol Pada Selector 4WD Dan Cara Pengoperasiannya - OMBRO

Simbol Pada Selector 4WD Dan Cara Pengoperasiannya

Untuk kota-kota besar seperti Surabaya, Medan, Jakarta,dan lain-lain, kendaraan dengan fitur 4WD (Four Wheel Drive) mungkin tidak terlalu banyak penggunanya.

Namun, untuk daerah diluar kota besar yang daerahnya banyak dikelilingi oleh perkebunan dan pertambangan, maka fitur 4WD pada kendaraan menjadi fitur yang sangat diandalkan.

4WD (Four Wheel Drive) merupakan fitur penggerak empat roda yang ditanamkan pada kendaraan. Fitur ini membuat ke empat ban menjadi poros penggerak sehingga lebih cocok digunakan pada jalan dengan medan berat atau off road.

4WD sendiri terbagi menjadi 2 jenis, ada yang Part time ada yang Full time, untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel tentang Mengenal jenis dan tipe penggerak roda.

Salah satu cara mengetahui mobil berpenggerak empat roda adalah dengan melihat tuas persenelingnya. Biasanya, mobil 4x4 dilengkapi dua tuas yang berada di tengah konsol.

SIMBOL PADA SELECTOR 4WD

Tuas pertama dengan bentuk lebih tinggi berfungsi sebagai tuas transmisi utama. Tuas ini digunakan untuk mengubah kecepatan kendaraan, terletak bagian tengah konsol dan memiliki urutan nomor gigi seperti pada tuas transmisi di mobil pada umumnya

Tuas kedua berada di sebelahnya dengan ukuran yang lebih kecil. Pada beberapa tipe kendaraan terbaru, tuas ke dua untuk transfer ini berbentuk tombol putar.Terhubung dengan sistem transfer, tuas ini berguna untuk mengatur penyaluran tenaga mesin dari transmisi ke roda.

Pada tuas ke dua inilah terdapat simbol-simbol pengoperasian selector pengaturan penggerak roda seperti simbol 2H (2WD High Range), 4H (4WD High Range), 4HLc ( 4WD High Range with Locked Center Differential ) dan 4LLc ( 4WD Low Range with Lock Center Differential ).

posisi dan simbol selector 4WD

Simbol-simbol tersebut adalah pilihan dari mode roda penggerak yang ingin kita gunakan, Berikut adalah arti simbol pengoperasian pada selector 4WD


2H (2WD High Range)


Ketika selector diposisi 2H, ini berarti hanya 2 roda belakang saja yang akan mendapatkan tenaga dari mesin. 2 roda depan tidak mendapat tenaga dan hanya mengikuti saja.

Pilihan mode ini sangat cocok untuk kondisi jalan normal atau di jalan beraspal kering, seperti contohnya pada jalan yang bebas hambatan dan pemakaian normal.


4H (4WD High Range)


Pilihan selector 4H berarti anda memilih ke 4 roda digunakan menjadi penggerak. Porsi tenaga yang disalurkan berkisar antara 40% untuk depan dan 60% untuk roda belakang.

Mode ini dapat digunakan di medan apapun termasuk jalan tanah tapi dengan kondisi medan yang tidak terlalu berat, seperti untuk pengemudian di jalan beraspal basah atau licin.


4HLc ( 4WD High Range with Locked Center Differential )


Sedangkan untuk pilihan selector 4HLc, ini berarti anda memilih ke 4 roda untuk digunakan sebagai penggerak dengan tambahan penguncian pada sistem Center differential (differential tengah).

Dengan center differential yang terkunci, tenaga mesin terdistribusi merata ke 4 roda. Mode ini diperuntukan untuk melahap medan yang cukup berat, seperti untuk mengemudi di jalanan kasar, berpasir, atau tertutup salju, bahkan mode ini sanggup digunakan untuk medan offroad .


4LLc ( 4WD Low Range with Lock Center Differential )


4LLc adalah pilihan khusus untuk medan-medan yang sangat berat, karena pada pilihan mode ini tenaga mesin terdistribusi merata ke 4 roda dengan rasio gigi yang terendah sehingga didapatkan torsi maksimal di setiap roda.

Mode 4LLc cocok digunakan ketika mengemudi di kondisi jalan yang melintasi bukit terjal naik dan turun, serta untuk penggunaan dijalan berlumpur dalam (terutama ketika diperlukan peningkatan torsi pada masing-masing roda).


Cara pengoperasiannya


Mode 2H-4H-4HLc

Untuk semua mode ini , perpindahan selector dan tuas transfer dapat dilakukan ketika kendaraan berhenti atau berjalan dengan batas kecepatan maksimal kurang dari 100 km/jam. Istilahnya dikenal dengan sebutan "Shift On The Fly".


Mode 4LLc

Khusus untuk mode 4LLc ini, kendaraan wajib dalam kondisi di rem dan berhenti, lalu posisi tuas transmisi ada pada posisi N (netral). Jangan sekali kali memindahkan selector dan tuas transfer ke posisi ini pada saat mobil melaju karena dapat merusak sistem 4WDnya.
Daftar isi
    SHARE